Nikmatnya Nonton Film 3D Di Bioskop Tanpa Kacamata 3D - Info Teknologi Terkini

Nikmatnya Nonton Film 3D Di Bioskop Tanpa Kacamata 3D

Share This

Saya pikir tidak terlalu cepat untuk kita bahas tentang teknologi kaca mata 3D yang akan diimplementasikan di Bioskop Bioskop kesayangan Anda. Waktu begitu cepat berlalu, teknologi pun sangat pesat perubahannya. 

Suatu hari nanti, penikmat film akan menonton film dalam format 3D dari bagian tempat duduk manapun di bioskop tanpa harus mengenakan kacamata 3D. Hal ini berkat ditemukannya teknologi layar baru. Hanya tinggal menunggu layarnya siap diaplikasikan ke bioskop seluruh dunia.

Teknologi baru ini bernama Cinema 3D, menyelesaikan masalah repotnya melihat melalui kacamata 3D dalam ukuran layar yang lebih besar daripada umumnya. Namun saat ini memang belum diaplikasikan secara komersil, begitulah menurut para penelitinya.

Sebagai contohnya, teknologi 3D tanpa kacamata yang diterapkan melalui perangkat TV seringkali menggunakan penerapan sejumlah celah yang dikenal sebagai batasan parallax yang diletakkan di depan layar. Celah-celah ini memungkinkan tiap mata kita melihat piksel dalam kombinasi yang berbeda, menciptakan ilusi kedalaman gambar.

Meskipun ilusi telah bisa diciptakan, agar batasan parallax bisa bekerja dengan baik, ia harus diletakkan dalam jarak tertentu dari penontonnya. Ini menjadikan batasan parallax susah diterapkan di bioskop karena kemungkinan jarak dan sudut tonton yang ada banyak sekali.

Para ilmuwan mengembangkan Cinema 3D sederhana yang bahkan dapat menampilkan gambar berukuran 200 piksel. Dalam percobaannya, sukarelawan dapat melihat versi 3D dari gambar terpiksel dari beberapa tempat duduk berbeda dalam bioskop kecil.

Para ilmuwan diingatkan bahwa untuk sementara waktu Cinema 3D belum dapat dikomersialkan karena prototype-nya saja membutuhkan 50 lapisan cermin dan lensa, sedangkan ukurannya baru beberapa kali ukuran selembar kertas. Tapi ini sudah menjadi terobosan baru yang telah mampu memberi tahu kita bahwa secepatnya bioskop 3D sudah tidak perlu kacamata.

No comments:

Post a Comment

Pages