Tips Merawat Earphone Yang Wajib Kamu Lakukan - Info Teknologi Terkini

Tips Merawat Earphone Yang Wajib Kamu Lakukan

Share This


Earphone adalah salah satu benda elektronik yang selalu ada dalam tas bawaan. Bersama handphone, benda ini ibarat dua sejoli yang menemani aktivitasmu saban hari. Kamu menggunakannya untuk mendengarkan musik, menelepon, atau sekedar menutup telingamu dari kebisingan.

Meski benda ini sering kamu gunakan, mungkin kamu kerap lupa merawatnya. Gak jarang earphonemu jadi cepat rusak tanpa sebab yang jelas. Baru beberapa bulan digunakan earphonemu sudah kudu dimuseumkan. Padahal, merawat earphone biar awet itu gak susah kok. Hanya dengan cara-cara sederhana ini, earphonemu bisa punya umur yang lebih panjang lagi. Apa saja caranya? Yuk, simak!


1.    Berhentilah menyetel volume terlalu keras jika ingin telinga dan earphone-mu tetap waras

Terbiasa menggunakan earphone saat di keramaian seringkali bikin kamu menyetel volume gadget secara maksimal. Padahal hal ini tidak baik untuk earphonemu lho. Terlalu sering pasang volume keras bisa bikin komponen earphone mudah rusak dan suaranya juga kadang jadi tak jernih lagi. Bahkan earphonemu  bisa mengalami “kebocoran suara”, yaitu suara jadi tak teredam lagi dan bisa terdengar dari luar meski kamu sudah set volume yang kecil.

Selain itu, perlu diingat, suara yang terlalu keras juga bikin kesehatan telingamu terganggu. Hal ini bisa menyebabkan telingamu jadi tak peka dengan suara pelan. Nah, jika ingin earphone dan telingamu tetap sehat walafiat, gak ada salahnya berhenti dari kebiasaan mendengarkan suara keras dan setidaknya pasang volume 75%saja.

2.    Membersihkan secara rutin
 

Headset juga perlu dirawat secara rutin. Rawatlah headset dengan cara membersihkan bagian kabel yang sering terkena noda. Gunakan alkohol untuk membersihkan kabel-kabel tersebut dari noda dan bakteri. Selain itu, bersihkan juga debu-debu yang menempel di bagian earbud. Cara membersihkan debunya bisa menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan pada cairan alkohol dengan kadar 70%. Bisa juga menggunakan sikat gigi. Membersihkan earbud dengan sikat gigi bisa membuat suara headset kembali nyaring dan tidak sumbang.


3.    Keringkan dulu telingamu untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya konsleting pada earphone


Air adalah salah satu biang keladi yang bisa bikin earphonemu cepat rusak. Dan secara tak sadar, kadang kamu malah menggunakannya saat kondisi telingamu basah. Gak heranlah, earphone jadi cepat dimuseumkan.

Nah, agar hal ini tak terjadi lagi, sekarang kamu bisa lakukan kebiasaan baru. Saat kamu habis mandi, setelah wudhu, atau kelar cuci muka, sebaiknya lap dulu telingamu dengan handuk atau tissu. Jika sudah pasti kering, barulah kamu gunakan earphonemu lagi. Dengan begitu, gak mustahil kalau earphonemu kali ini bisa lebih awet lagi.

4. Hindari Meminjamkan Headset ke Orang Lain


Cara merawat headset agar awet adalah dengan tidak sering memakai secara beramai-ramai, alias dipinjamkan ke orang. Anggap headset atau earphone adalah sikat gigi yang memang khusus digunakan untuk keperluan pribadi. Bayangkan jika headset sering dipinjam-pinjamkan, bisa saja ada kuman dari pemakai yang menempel di headset kita.

Contoh kasus paling gampang, banyak headset di warung internet yang usianya tidak lama. Biasanya headset yang digunakan untuk warung internet memang harganya terjangkau karena pemiliknya tahu kalaupun beli yang mahal, headset akan cepat rusak. Jelas karena penggunaannya rutin dan berbeda-beda pemakainya.

5. Menggulung Kabel Headset dengan Benar


Headset dan earphone memiliki kabel yang panjang dan kadang membuat Anda bisa pusing jika kabelnya kusut atau tidak beraturan seperti terbelit-belit. Mau dirapikan juga malah bikin pusing. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda sebaiknya merapikan kabel headset dengan cara menggulung, tapi tidak sembarang menggulung. Berikut cara menggulung kabel headset yang benar:

·         Pakailah empat jari tangan (telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking) dekatkan ke kabel kemudian gulungkan kabel memutari empat jari tangan.

·         Jangan semua kabel digulung, sisakan sepanjang kurang dari 10 cm.

·         Lepaskan empat jari tangan dari gulungan kabel headset.

·         Pegang gulungan kabel dengan kedua tangan yang akan menyisakan ruang kosong di ujung.

·         Gulungkan sisa kabel yang tidak tergulung tadi sebagai pengikat.

·         Masukkan colokan headset pada bagian ujung gulungan tadi.

Earphone menjadi mudah rusak karena kamu sering meletakkanya sembarangan. Hal ini akan membuat earphone tertarik kesegala arah dan bikin kabel terlilit berantakan. Akibatnya, kabel lepas dan suara jadi tak jelas. Untuk menghindari itu sebenarnya mudah kok. Simpanlah earphonemu dengan melipat secara benar.

Caranya, lilitkan kabel earphone pada tiga jari tanganmu dengan pola seperti angka delapan. Sisakan beberapa bagian, lalu lilitkan pada bagian tengah. Setelah itu, masukkan ujung colokan pada lubang lilitan. Earphonemu siap disimpan. Jika kamu patuh dengan aturan ini, earphone bisa lebih awet lagi.


6. Kamu juga bisa menyimpan earphone menggunakan tempat khusus agar benda kesayanganmu tak mudah rusak



Gak sedikit dari kita yang seringkali menyimpan earphone bercampur dengan kabel lainnya. Charger laptop, kabel USB, charger handphone, dan kabel elektronik lainnya berkumpul menjadi satu tempat yang sama. Hal ini bisa jadi bencana untuk earphonemu.

Nah, selain menyimpan dalam kondisi lilitan yang benar, kamu juga bisa terapkan tips menyimpan earphone dalam kotak kemasan. Kamu bisa manfaatkan kotak bekas permen atau kantong khusus untuk meletakkan earphonemu. Cara ini akan mengurangi resiko kerusakan karena kabel yang terlilit berantakan.


Selain dengan perawatan di atas, kamu juga bisa menjaga earphonemu dengan cara mengurangi pinjam meminjam dengan orang lain. Bukan berarti pelit, earphone itu layaknya sikat gigi yang tidak baik jika dipakai oleh banyak orang. Kamu gak tahu ‘kan kuman seperti apa yang bersarang di telinganya. Selain itu ada kemungkinan saja dia lupa balikin dan kamu juga gak tahu kalian kapan akan bertemu lagi.

Nah, sudah tahu ‘kan cara merawat earphone? Ternyata hal yang perlu dilakukan agar benda satu ini tetap awet itu gak sulit kok. Dengan menerapkan tips diatas, bukan mustahil earphonemu bisa berumur lebih panjang lagi.
Selamat merawat dan semoga earphone-mu awet, ya!
Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Indera Pendengaran
Baca juga: Tips Membeli Headset Atau Earphone
Baca juga: Bahaya Penggunaan Earphone Yang Berlebihan

No comments:

Post a Comment

Pages