Tips Membeli Headset atau Earphone - Info Teknologi Terkini

Tips Membeli Headset atau Earphone

Share This



Mendengarkan music dengan menggunakan earphone sudah digandrungi setiap kalangan sejak Zaman old. Yang menjadi faktor pembeda adalah peningkatan kualitas earphone itu seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat.



Jika Anda sedang mencari earphone terbaik untuk kebutuhan mendengarkan musik favorit Anda, ada baiknya anda mengikuti tips-tips berikut ini.

1.    Cari tahu Jenis Earphone Yang Akan Anda Beli

Jenis earphone pertama adalah IEM atau In-Ear Monitor. Jenis earphone ini menggunakan bahan karet yang akan membuat Anda merasa nyaman saat menggunakannya. Karet pada earphone ini berfungsi untuk menutup suara dari luar untuk masuk sehingga Anda hanya akan mendengarkan musik dari earphone tanpa terganggu oleh suara luar.
Jenis earphone kedua adalah Earbud. Earbud tidak seperti IEM yang bisa mencegah suara luar untuk masuk. Hal tersebut karena Earbud terbuat dari bahan plastik keras dengan bentuk bulat. Tidak ada bagian yang bisa menahan masuknya suara luar ke dalam telinga.

 2. Model Colokan Earphone

Earphone itu tersedia dalam dua tipe colokan, berbentuk lurus dan L. Nah, jika sekarang kamu sedang berburu earphone baru, maka pilihlah dengan model L yang bisa lebih awet. Pasalnya jek colokan yang berbentuk lurus bisa mudah lepas saat kabel terjepit atau tertarik benda lain. Sedangkan earphone dengan colokan bentuk L bisa lebih berumur panjang karena jek kabel terpasang lebih kencang dan tidak mudah lepas. Dengan begitu, kemungkinan rusak karena kabel tertarik kemana-mana jauh lebih rendah.

3.    Pilih Bentuk Earphone Sesuai Selera

Sebelum membeli, pastikan Anda memikirkan terlebih dahulu earphone seperti apa yang Anda suka. Anda juga bisa memilih apakah jenis earphone IEM atau Earbud yang paling Anda sukai. Setelah itu, pilihlah earphone dengan desain, warna, dan panjang kabel yang sesuai keinginan dan kebutuhan.
Anda juga bisa membeli earphone yang memiliki desain dan warna yang senada dan cocok untuk smartphone Anda. Tentunya ini akan memberikan kesan yang baik untuk penampilan Anda.
 
4.    Perhatikan Sensitivitas Earphone

Sensitivitas earphone akan berpengaruh pada seberapa besar suara yang bisa dihasilkan oleh earphone. Sensitivitas ini ditandai dengan tulisan Sound Pressure Level atau SPL dengan satuan desibel atau mili watt.
Anda bisa memilih earphone dengan angka SPL yang tinggi sehingga tidak mengharuskan Anda membesarkan volume terlalu tinggi dan juga bisa menghemat daya baterai smartphone. Tetapi untuk menjaga pendengaran Anda, sebaiknya Anda memilih earphone dengan sensitivitas yang lebih kecil dari 85 dB.
 
5.    Memilih Earphone dengan Rentang Frekuensi yang Besar

Kemampuan earphone dalam merespon frekuensi dari gelombang suara juga memberikan pengaruh pada kualitas earphone tersebut.  Earphone yang berkualitas baik adalah jenis earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar, dan yang lebih besar lagi maka akan semakin baik.
Earphone dengan respon frekuensi yang baik akan mampu memunculkan suara frekuensi rendah yang tidak bisa dimunculkan oleh earphone dengan kualitas tangkapan frekuensi yang kurang baik.

6.    Pilih Earphone Sesuai dengan Jenis Musik yang Didengarkan

Jenis musik yang sering Anda dengarkan juga bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih earphone. Pilihlah earphone yang sesuai dengan musik yang biasa Anda dengarkan. Anda bisa memilih earphone dengan jenis bright untuk tipe musik klasik dan rock. Suara yang dikeluarkan oleh earphone ini umumnya lebih pada suara treble.

Anda juga bisa memilih earphone jenis warm untuk mendengarkan musik dengan tipe metal dan hip hop. Suara yang dihasilkan akan lebih menonjolkan suara bass karena jenis musik ini umumnya memiliki suara vokal yang lebih pelan.

Tips dan cara memilih earphone yang tepat dengan kualitas yang baik tersebut bisa Anda coba saat akan membeli earphone baru. Anda akan mendapatkan kepuasan dan kenyamanan mendengarkan musik dengan earphone yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Baca juga: Tips menjaga kesehatan indera pendengaran

Baca juga: Bahaya Penggunaan Headset




No comments:

Post a Comment

Pages