Tips Aman Belanja Online - Info Teknologi Terkini

Tips Aman Belanja Online

Share This

Di Era Digital ini, semua aktivitas sudah sangat mudah. Mulai dari pembayaran tagihan-tagihan dan juga sampai pemenuhan kebutuhan harian. Contohnya saja untuk memenuhi kebutuhan belanja, kebanyakan sudah serba Online. Perihal belanja online ini, ada kelebihannya ada juga kekurangannya. Kelebihannya yaitu, kita bisa menjelajahi ratusan bahkan hingga ribuan toko online untuk membandingkan harga barang yang ingin kita beli. Kekurangannya pun ada juga yaitu, kita hanya bisa melihat gambar doang, tidak bisa kita pegang dan tidak bisa dicoba. Nah, terletak pada kelebihannya ataupun kekurangannya semua kembali pada diri anda sendiri.

Disamping dua hal diatas, ada beberapa tips aman untuk berbelanja online. Berikut ini tips yang perlu diperhatikan saat ingin berbelanja Online.


1. Rating dan Review toko online


Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah rating dari toko yang anda kunjungi. Biasanya setiap pengunjung yang melakukan pembelian di toko online akan memberikan review dari hasil belanjaan mereka dan sekaligus diminta untuk memberikan rating. Biasanya rating ini diindikasikan dengan lima bintang, dan rata-rata untuk sebuah toko online yang dengan rating yang bagus mempunyai tiga sampai lima bintang. ingat, semakin tinggi bintang dan semakin banyak reviewnya, itu menandakan toko tersebut terpecaya.

2. Status toko online


Pastikan toko online yang anda kunjungi sudah berdiri cukup lama dan dipadukan dengan rating yang bagus, dan juga periksa status dari toko online tersebut kapan terakhir kali online. Jika toko tersebut terakhir online satu minggu yang lalu, lebih baik cari toko yang lain, ini demi keamanan anda. Jika anda memaksakan diri untuk membeli barang favorit anda ditoko tersebut, maka resiko anda tanggung sendiri. 

3. Chating

Setiap toko online mempunyai fasilitas chating. Fasilitas chating ini memudahkan anda untuk bertanya seputar barang yang ingin anda beli, termasuk masalah stok barang dan lain sebagainya. Ada beberapa toko online yang menjawab chating kita dengan mesin penjawab. Biasanya untuk chating yang seperti ini akan memberi jawaban yang sama untuk setiap pertanyaan yang berbeda-beda, harap hati-hati. Setidaknya beri minimal dua pertanyaan berbeda sebelum anda melakukan pembelian. 

4. Pajak

Ada saja toko online yang tujuannya hanya untuk menipu pelanggan. Untuk kasus ini, anda jangan sampai tergiur dengan harga yang jauh lebih murah untuk sebuah produk tertentu. Silahkan bandingkan harga di toko sebelah dengan barang yang sama.
Setelah anda melakukan pembayaran, tiba-tiba ada seseorang yang menelepon anda dan meminta pembayaran tambahan untuk pajak. Yang perlu anda perhatikan disini yaitu, pihak toko online tidak pernah berhubungan secara langsung dengan pembeli melalui telpon. yang melakukan komunikasi verbal dengan pembeli adalah pihak penyedia toko online tersebut, yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

Nah, itulah beberapa tips aman belanja online yang bisa saya share. Jika ada tips tips aman lainnya silahkan ditambahkan dikolom komentar ya. 

No comments:

Post a Comment

Pages