Teknologi Masa Depan Ini Sedang Dikembangkan, Apa Saja Mereka? - Info Teknologi Terkini

Teknologi Masa Depan Ini Sedang Dikembangkan, Apa Saja Mereka?

Share This

Perkembangan teknologi memang tiada henti-hentinya. Diberbagai aspek kehidupan manusia. Contohnya ponsel, pertama kali diciptakan hanya untuk telepon dan komunikasi singkat, namun ponsel kini bias melakukan banyak hal dan beubah nama menjadi smartphone. Yang sekarang bisa digunakan untuk keperluan apa saja dan juga untuk berbagai kalangan. 
Banyak teknologi yang hanya sebatas impian masa kecil kita yang sudah terwujud, bahkan masih banyak lagi yang saat ini masih dalam tahap penelitian dan bahkan ada juga yang sudah dalam tahap pengembangan. Berikut ini beberapa teknologi yang sudah dalam tahap pengembangan yang mungkin akan segera kita nikmati beberapa tahun lagi.

1. Drone pembawa koneksi internet
Menurut Jay Parikh, kepala teknik dan infrastruktur global di facebook, ada potensi untuk menghadirkan peluang kepada miliaran orang diseluruh dunia internet cepat dan lebih hemat biaya. Adalah Drone Aquila bertenaga surya yang dikembangkan oleh facebook yang telah melakukan tes penerbangan baru baru ini. Teknologi tersebut memiliki prospek untuk memperluas ruang lingkup konektivitas internet diseluruh dunia. 
Aquila dirancang untuk menjadi hiper-efisien yang mampu terbang selama tiga bulan. Ia juga memiliki sayap seperti pesawat terbang namun hemat energy, dengan asumsi pada kecepatan penuh Aquila hanya akan mengkonsumsi liatrik 5000 watt setara dengan tiga pengering rambut atau sebuah microwave canggih. 

2. Bioskop 3D tanpa Kaca mata 3D
Bosan dengan kaca mata 3D yang terkadang terasa mengganggu saat nonton fiml 3D? Jangan khawatir, saat ini ilmuwan di Amerika Serikat sedang melakukan pengembangan terhadap teknologi yang mampu menampilkan konten visual 3D dan dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu optic atau perekayasa optic seperti kama mata 3D.
Baca juga nikmatnya nonton 3D di Bioskop tanpa kaca mata 3D

3. Baju yang otomatis memperbaiki diri sendiri
Suatu hari, kita akan menggunakanp  pakaian yang dapat memperbaiki robekan mereka sendiri, berkat bantuan pelapis yang terbuat dari protein cumi-cumi. Temuan ini akan menjadi sangat penting bagi mereka yang bekerja dan beraktivitas dengan mengandalkan baju pelindung yang mencegah mereka dari kondisi hidup atau mati. Para ilmuwan sedang melakukan penelitian untuk menghasilkan serat-serat pakaian yang bisa memperbaiki diri sendiri yang dapat meningkatkan masa pakai dari jenis-jenis produk ini.
Serat-serat itu, jika berhasil beroperasi sepenuhnya, dapat memperbaiki robekan material secara cepat, sebagaimana cumi-cumi mampu menutup luka pada tubuh mereka sendiri --bayangkan betapa hemat pengeluaran kita karena tak lagi merogoh kocek untuk menjahit atau membeli baju baru.

4. Bingkai photo Slo-Mo
Sebuah bingkai photo konvensional dari kayu berukuran lebar 12.5 inci dengan tinggi 14.5 inci, menggunakan lampu strobe yang berkedip  dengan laju yang terlalu cepat bagi mata manuasia untuk menangkapnya, tetapi digabungkan dengan teknologi luar biasa yang mampu memperlambat gerak benda yang ada didalamya. 
Secara teoritis cara kerja Bingkai Slo-Mo seperti ini, Lampu itu berkedip-kedip dan mati 80 kali per detik dan disinkronisasikan dengan getaran yang memhidupkan objek apapun yang ditampilkan didalam bingkai tersebut. Ketika kilat cahaya terlalu cepat untuk dilihat, mereka menggabungkan dengan getaran berkecepatan tinggi hingga secara tidak kentara mengubah urutan gambar bergerak, mengubah cara mereka mencapai mata dan menciptakan ilusi gerakan yang tampak terjadi lebih lambat dari biasanya.
Menurut Liebermann, karya itu adalah metafora untuk semua aspek realitas yang tak terlihat dan merupakan pengingat terus-menerus terhadap hal-hal di luar apa yang kita lihat dengan indra kita. Produk ini diharapkan akan diproduksi massal pada 2019.

No comments:

Post a Comment

Pages