Bisakah Kartu SIM Anda Diretas? Ini Penjelasannya - Info Teknologi Terkini

Bisakah Kartu SIM Anda Diretas? Ini Penjelasannya

Share This

Pernah suatu hari ada seorang teman yang mengatakan sama saya bahwa Kartu SIM bisa diretas atau dihack. Saya pikir ini adalah hal yang cukup menarik. Saya mencoba searching di google perihal pertanyaan tersebut. Tetapi saya tidak menemukan sesuatu yang menjelaskan tentang hal itu.  
Satu hal yang menarik disini yaitu kartu SIM bukan diretas, tetapi diSWAP. Bagaimana swap SIM terjadi?

Ini biasanya terjadi ketika seseorang yang meniru pengguna berhasil mendapatkan swap SIM dari penyedia jaringan seluler. Di beberapa negara dimungkinkan untuk menghubungi penyedia jaringan dan meminta swap SIM melalui telepon. Di Indonesia swap SIM memerlukan salinan id kita dan secara fisik kita datang  ke penyedia layanan provider kartu SIM terkait untuk mendapatkan kartu SIM dengan nomor yang kita inginkan, jadi ini sedikit lebih sulit. 

Untuk menghindari swap SIM terjadi harap perhatikan hal-hal berikut ini:
1. Jangan mempublikasikan nomor ponsel anda dimedia sosial. Gunakanlah nomor ponsel berbeda untuk aktivitas perbankan.
2. Jangan publikasikan alamat e-mail  anda dimedia sosial. Gunakanlah alamat e-mail berbeda untuk aktivitas umum.
3. Jika menggunakan internet banking, pastikan bahwa situs tersebut adalah situs resmi milik bank dan bukan situs phising. Baca juga ciri-ciri web phising
4. Jangan pernah membuka tautan tidak jelas dari pesan yang diterima di email maupun SMS.
5. Aktifkan fitur notifikasi via SMS atau email tentang transaksi finansial atau perubahan pada rekening.
6. Jaga rahasia perbankan, seperti password internet banking, m-banking, PIN ATM, termasuk PIN telepon. 
7. Jangan pernah membuka tautan tidak jelas dari pesan yang diterima di email maupun SMS.

Peretasan SIM mungkin tidak terjadi tetapi penipuan swap SIM mungkin terjadi. Jika hal ini benar-benar terjadi pada anda, Inilah yang dapat Anda lakukan:

Jika tiba-tiba kartu SIM Anda kehilangan jaringan sementara orang lain di sekitar Anda memiliki jaringan maka itu adalah masalah serius yang perlu dikhawatirkan. Kunjungi penyedia jaringan seluler Anda segera dan pastikan tidak ada yang mendapatkan SIM baru atas nama Anda.

Jika ada yang menelepon anda dan memberi penawaran-penawaran menarik perihal bantuan finansial, undian dan sejenisnya, berhati-hatilah dalam memverifikasi data anda. Mungkin orang yang menelepon anda tahu nama lengkap anda, tanggal lahir anda tetapi verifikasi terakhir belum tentu mereka tahu yaitu nama Ibu kandung anda, (jangan sembarangan memberi tahu nama ibu kandung anda kepada orang lain). 

Jangan memberikan informasi pribadi atau rincian kartu SIM anda terutama melalui telepon atau di email Anda. Apabila seseorang memiliki rincian internet banking Anda, dia dapat melakukan lebih banyak hal dengan telepon Anda.

Apakah hal semacam ini terjadi pada Anda? Bagikan cerita Anda dan biarkan yang lain bisa lebih waspada.

No comments:

Post a Comment

Pages